Penjualan Ritel AS: Apakah Konsumen Khawatir?

Penjualan ritel secara tak terduga datar pada bulan April karena konsumen AS berbalik arah meskipun gambaran ekonomi umumnya positif dan pasar tenaga kerja yang sangat baik.

Setelah ledakan konsumsi Maret yang melihat penjualan secara keseluruhan naik 1,7% dan grup kontrol atau inti yang meniru komponen pengeluaran konsumen dari PDB bertambah 1,1%, penjualan turun 0,2% pada bulan April dan kategori kontrol datar.

Kinerja rumah tangga Amerika dari bulan ke bulan merupakan sumber volatilitas yang tidak pernah berakhir dan mengukur suasana hati konsumen terbukti tak terduga terutama tahun ini.

Selama enam bulan terakhir penjualan inti telah mengalami kenaikan dan penurunan dengan caranya yang kuno.  Pada bulan November, seringkali pada bulan liburan awal, penjualan inti naik 0,9% lebih dari dua kali lipat dari yang diprediksi 0,4%. Pada bulan Desember turun 2,2% penurunan satu bulan terbesar dalam 19 tahun. Estimasi itu untuk kenaikan 0,4%. Pelaporan bulan itu condong karena masalah pengumpulan dan pemeriksaan yang disebabkan oleh shutdown pemerintah untuk sebagian besar Januari.

Rebound 1,7% di Januari kemungkinan termasuk beberapa penjualan Desember yang meleset selama penutupan. Meskipun Biro Sensus mengakui masalah dengan data Desember, perkiraan konsensus pasar hanya naik 0,6%.

Pada bulan Februari, diperkirakan peningkatan 0,4%. Bahkan penjualannya turun 0,4%. Maret adalah kebalikan dari kenaikan 1,1% dari yang diprediksi 0,4%. 

April ternyata perkiraan terdekat dalam enam bulan terakhir, pengembalian datar pada perkiraan 0,4%.

grup kontrol penjualan ritel

Reuters

Kenaikan 1,7% dalam keseluruhan penjualan ritel di bulan Maret adalah yang terbesar sejak September 2017 tetapi penurunan 0,3% pada bulan Februari dan kenaikan 0,8% pada bulan Januari meninggalkan kuartal dengan kenaikan moderat.

Pengeluaran konsumen tumbuh pada tingkat tahunan 1,2% dalam tiga bulan pertama, paling lambat dalam setahun meskipun laju PDB 3,2% di mana konsumsi bukanlah sumber utama ekspansi. Penjualan ritel terdiri sekitar sepertiga dari pengeluaran konsumen yang merupakan sekitar 70% dari kegiatan ekonomi AS.

Kelemahan pada bulan April adalah di sebagian besar kategori. Penerimaan toko pakaian turun 0,2% seperti yang dilakukan pengecer daring dan pesanan lewat pos. Outlet elektronik dan alat mengalami penurunan 1,3% dalam pembelian. Penjualan mobil turun 1,1% tapi itu mengikuti akselerasi 3,2% di bulan Maret.  Penerimaan bar dan restoran naik 0,2%.

Konsumen Amerika tampaknya tidak mau mempertahankan pengeluaran mereka selama beberapa bulan meskipun pasar kerja sangat baik dan upah riil meningkat. Meskipun konsumen telah mendapatkan kembali optimisme mereka setelah penurunan reaktif pada Januari bahwa sentimen belum menghasilkan kenaikan konsumsi secara umum.

sentimen konsumen Michigan

Reuters

pendapatan perjam rata-rata tahunan

Reuters

Bisa jadi ketidakpastian yang ditimbulkan oleh perang perdagangan China dan politik yang tak berkesudahan di Washington telah membuat konsumen waspada melebihi nasib baik mereka baru-baru ini. Atau mungkin bahwa dua tahun yang baik dari peningkatan pendapatan tidak cukup untuk melebihi kehati-hatian yang ditimbulkan oleh hilangnya pekerjaan karena kecelakaan keuangan dan pemulihan yang sulit pada dekade berikutnya.
 

Informasi mengenai halaman-halaman ini berisi pernyataan berwawasan untuk masa mendatang yang melibatkan risiko dan ketidakpastian. Pasar dan instrumen yang diprofilkan di halaman ini hanya untuk tujuan informasi dan tidak boleh dianggap sebagai rekomendasi untuk membeli atau menjual sekuritas. Anda harus melakukan riset secara menyeluruh sebelum membuat keputusan investasi apa pun. FXStreet tidak menjamin bahwa informasi ini bebas dari kesalahan, galat, atau salah saji material. Juga tidak menjamin bahwa informasi ini bersifat tepat waktu. Berinvestasi di Forex melibatkan banyak risiko, termasuk kehilangan semua atau sebagian dari investasi Anda, dan juga tekanan emosional. Semua risiko, kerugian dan biaya yang terkait dengan investasi, termasuk kerugian total pokok, merupakan tanggung jawab Anda.

TOPIK TERKAIT
  • KepercayaanKonsumen
  • AmerikaSerikat
  • PenjualanRitel
  • IndikatorEkonomi